Hiren's Boot CD - Mini Windows XP

Hiren's Boot CD - Mini Windows XP



Hirens Boot CD (HBCD) adalah CD booting yang berisi puluhan tools dan utility yang berguna merecovery windows yang rusak oleh virus, malware, spyware dll yang berhubungan dengan kerusakan software atau Operating System (OS). Dalam tutorial kali ini saya akan membahas satu tools yang terdapat dalam HBCD yakni MINI WINDOWS XP.



    MINI WINDOWS XP adalah WIN XP portable yang mirip dengan SAFE MODE milik Windows dimana hanya menjalankan program-program utama milik Windows. Dalam mode ini virus, malware, spyware dalam keadaan "tidur" karena MINI WINDOWS XP tidak memerlukan OS untuk dapat berjalan. MINI WINDOWS XP bisa dikatakan under dos emulator WIN XP dan cocok bagi teman-teman yang kurang familiar dengan under dos atau command prompt. Seperti yang dijelaskan sebelumnya MINI WINDOWS XP tidak dipengaruhi oleh OS meski OS yang kita gunakan WIN VISTA atau WIN 7, tools ini tetap bisa dijalankan.
    Ok tidak perlu berpanjang lebar lagi, berikut tutorialnya.

    1. Download HBCD versi terbaru DIBAWAH IN

       http://www.hirensbootcd.org/files/Hi...ootCD.14.0.zip
2. Extrak file yang telah di download lalu burning file ISOnya ke CD. Kita tidak memerlukan software tambahan untuk melakukan burning karena HBCD telah menyertakan softwarenya.

       BURN CDCC adalah software untuk melakukan burning file ISO ke CD

    3. Setelah file ISO HBCD selesai di burning maka akan terdapat file-file berikut pada CD

       Folder HBCD, Autorun, Changes, HBCD Menu dan HBCD text

yang berarti CD tersebut siap digunakan.

    4. Masukan CD HBCD pada kompie yang OSnya bermasalah tetapi sebelumnya ubah setting booting pada kompie melalui CD atau DVD sebagai first/primary booting, dengan cara masuk ke BIOS pada saat kompie pertama kali dihidupkan (tekan tombol DEL atau F2). Simpan settingannya lalu keluar BIOS dan booting seperti biasa (restart). Maka kompie akan langsung mengeksekusi CD HBCD dengan penampakan seperti gambar dibawah ini


    5. Pilih opsi MINI WINDOWS XP lalu tekan ENTER

    6. Tunggu beberapa saat, setelah loading maka kita akan masuk kedalam MINI MINDOWS XP

    7. Nah perbaikan segala macam kerusakan OS sudah dapat kita lakukan. Pilih icon HBCD menu disudut kanan maka semua tools dan utility yang kita perlukan akan ditampilkan beserta sub opsinya.


      Misalnya OS kita rusak (seperti gagal booting, super pelan, hang) karena virus maka kita dapat menggunakan tools Antivirus/Spyware dengan sub opsi Anvira Antivir atau Dr. Web CureIT Antivirus.

    8. Pilih tools atau sub opsi yang kita inginkan lalu tekan ENTER.

Tools dan utility yang ada sangat mudah dijalankan dan dipelajari..so saya yakin teman-teman dapat melakukannya.

Met Mencoba & jangan lupa sharingnya disini...

OS rusak karena virus, dll...SAPA TAKUT !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar